Jalur Masuk PTN 2014, Jaga-Jaga SBMPTN Tidak Diterima

Hai sob, baru saya posting lagi nih blog, setelah sempat sibuk dengan blog yang lain :v kali ini saya sangat telat memberikan informasi untuk postingan ini yah, karena ada jadwal ujian masuk PTN yang sudah terlewat 1 bulan. Tapi tidak masalah jika masih ada jalur lainnya. hehehe untuk kalian yang ingin tahu, pantengin aja tuh situs-situs perguruan tinggi apakah ada jalur masuk lainnya atau tidak setelah sbmptn, tergantung kebijakan perguruan tinggi nya juga lho. Ada yang hanya bisa lewat SBMPTN dan SNMPTN, contohnya itb. Ada juga yang hanya pada tesnya saja, tapi ini untuk kedinasan yah sob, seperti STAN dan STIS.
ini logo UI, terkenal dengan SIMAK UI :D

Kalian pasti tahu, dan sudah menebak-nebak pasti Jalur Masuk yang ini ialah ujian mandiri. Yaps saya akan tahu jalur masuk lainnya sob, untuk adik-adik yang sekarang naik kelas 3. Sangat bermanfaat nih.

Jalur masuk yang diadakan resmi oleh pemerintah pusat :

  1. SNMPTN (undangan) dan SBMPTN (Tes Tulis) : Untuk masuk ke universitas negeri atau instiute yah sob pastinya. Walaupun ada beberapa yang swasta sih,
  2. PMDK-PN (undangan) dan UMPN (Tes Tulis) : Untuk masuk ke politeknik negeri yah sob.
  3. SPAN-PTAIN (undangan) dan UM-PTAIN (Tes Tulis) : Untuk masuk ke Universitas Islam yah sob, kalian pasti tahu itu, seperti IAIN atau UIN gitu sob.
Berhubung jalur ini sudah kadaluarsa :D artinya kalian yang sedang mencari informasi jalus masuk atau yang dikenalnya masuk PTN, sudah basi. Tapi masih berguna untuk adik-adik nanti, karena yang terkenal saat ini hanya SNMPTN dan SBMPTN saja. Mengapa di UMPN tidak ada linknya sob? karena itu diadakan oleh politekniknya sendiri sob, dan itu resmi dari pemerintah lho sob, bahkan ada politeknik yang tes UMPN nya itu gratis lho sob. Cuma tinggal daftar ikut tes liat pengumuman doang sob, enak bukan.

Jalur masuk yang di adakan oleh perguruan tinggi sob, sering dikenal Ujian Mandiri. Namun, tiap unic juga menggunakan beda istilah sob, seperti UI dikenal dengan SIMAK UI, UGM terkenal dengan UTUL, UNPAD dengan SMUP. Itu bisa dilihat di masing-masing situsnya sob, makanya pantengin aja tuh situs kalo lu niat banget pengen kuliah sob, mestinya kita harus semangat sob dalam meraih cita-cita, iya egk?

Saran dari saya sih, ikuti saja Ujian Mandiri yang di adakan oleh PTN seperti UNSOED, UNDIP, UNY, UNJ, UNS. Kalo tidak ikuti saja SPMB nya.





0 komentar:

Posting Komentar