Materi Hidrolisis SMA Kelas XI

Penguraian garam didalam air
Apa itu hidrolisis ? hidrolisis adalah suatu reaksi larutan dengan air. Dapat dikatakan juga reaksi penguraian garam dalam air menghasilkan basa atau asam. Pada materi sebelumnya di kelas XI BAB Asam dan Basa, kalian telah melakukan praktikum menghitung pH, atau memperkirakan pH suatu larutan dengan menggunakan indikator kan?? Apakah kalian memperhatikan pH suatu garam, garam disini bukan cuma uyah tetapi garam yang saya katakan adalah garam yang berasal dari Asam dan Basa, atau garam yang dihasilkan dari reaksi penggaraman. 


Apakah ada yang membuat anda bingung ketika praktikum Asam Basa?? Misal saja garam Na2CO3(aq) jika anda perhatikan pHnya tidak benar-benar netral atau pHnya tidak tapat 7 padahal Na2CO3(aq) adalah suatu garam. Pada BAB Hidrolisis ini kalian dapat menjelaskan kenapa pH Na2CO3(aq), CH3COONa tidak bersifat netral. Dan pada BAB Hidrolisis juga anda dapat membuat kesimpulan Tidak Semua Garam Netral.



Klik di sini untuk mendownload animasi Hidrolisis


kalo gak bisa ke situ download nya KLIK SERVER INI ataau ini

ADA EMPAT JENIS GARAM, YAITU :


  1. Garam yang terbentuk dari reaksi asam kuat dengan basa kuat (misalnya NaCl, Na2SO4 dan lain-lain) tidak mengalami hidrolisis. Untuk jenis garam yang demikian nilai pH = 7 (bersifat netral).
  2. Garam yang terbentuk dari reaksi asam kuat dengan basa lemah (misalnya NH4Cl, AgNO3 dan lain-lain) hanya kationnya yang terhidrolisis (mengalami hidrolisis parsial). Untuk jenis garam yang demikian nilai pH < 7 (bersifat asam).
  3. Garam yang terbentuk dari reaksi asam lemah dengan basa kuat (misalnya CH3COOK, NaCN dan lain-lain) hanya anionnya yang terhidrolisis (mengalami hidrolisis parsial). Untuk jenis garam yang demikian nilai pH > 7 (bersifat basa).
  4. Garam yang terbentuk dari reaksi asam lemah dengan basa lemah (misalnya CH3COONH4, Al2S3 dan lain-lain) mengalami hidrolisis total (sempurna). Untuk jenis garam yang demikian nilai pH-nya tergantung harga Ka den Kb.



  

0 komentar:

Posting Komentar